PENINGKATAN KAPASITAS KELEMBAGAAN DESA DLINGO DI SEBORATU DLINGO

Seboratu (24/4/2016) Sebuah lembaga desa yang maju ditentukan oleh sumber daya manusia yang terlibat didalamnya yang memiliki kapasitas dan integritas yang memadai. Selain itu juga diperlukan kepekaan dalam mengolah potensi wilayah yang dimiliki. Berkaitan dengan hal ini diperlukan kegiatan peningkatan kapasitas kelembagaan Desa Dlingo.
Kegiatan dilaksanakan di Bumi Seboratu Dlingo yang berada di Dusun Pokoh 2. Dalam sambutan pembukaan kegiatan lurah Desa Dlingo Bahrun Wardoyo menjelaskan kegiatan harus dilaksanakan sesuai silabus pelatihan Desa Dlingo yang telah disusun bersama pada awal Tahun 2016 yang disusun bekerjasama dengan sarjana penggerak pembangunan (SP2), BPO DIY.
Silabus pelatihan terdiri dari 6 bab antara lain : bidang kelembagaan, bidang informasi dan teknologi, bidang sumber daya manusia, bidang pendidikan, bidang wisata dan budaya, dan bidang pertanian. Total dari pelatihan sebanyak 22 kegiatan pelatihan.

Sedangkan lembaga desa di Desa Dlingo antara lain :
1. LPMD
2. Karang Taruna
3. PKK
4. RT
5. Sandigita-IT
6. Guna Desa
7. Bina Budaya
8. Gapoktan
9. LPSD

Dari 9 lembaga desa ini akan terlibat aktif dalam kegiatan pelatihan sebagai penyelenggara kegiatan. Harapan dari tiap tiap pelatihan akan memunculkan warga dlingo yang ahli dalam bidang tertentu sesuai potensi yang dimiliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar terbaik anda untuk kemajuan pemuda Indonesia