Dlingoworo (Minggu,24/01/2016), Karang Taruna desa dlingo bekerja sama dengan  KKN umy 2015 membudidayakan kebun Pisang dan umbi garut. Dalam kegiatan ini karang taruna mendapatkan bantuan fasilitasi dari DINSOS DIY berupa bibit pisang dan garut serta pompa air.
Tanaman garut (Maranta Arundinacea L) ini awalnya tidak dipedulikan oleh warga sekitar. Biasanya jenis umbian ini tumbuh bebas disekitar pekarangan rumah warga. Karena tanaman ini tidak memerlukan perawatan khusus dan juga dapat tumbuh pada tanah yang tidak subur.
Melihat hasil panen yang cukup melimpah salah seorang warga mencoba membuat umbi garut tersebut menjadi emping garut. Hasil penjualan yang diperoleh dari emping garut pun cukup banyak. Akhirnya hal semacam ini menjadi kebiasaan ibu" untuk memproduksi emping garut.
"Awalnya kami belum terfikirkan untuk membudidayakan umbi garut, tapi melihat ada warga ysng mampu mengolah garut menjadi makanan ringan, akhirnya kamipun berinusiatif untuk ikut membudidayakan umbi garut tersebut", ujar ketua umum Edi Susanta" kami juga berharap budidaya umbi garut ini dapat berhasil dan nantinya bisa bermanfaat untuk masyarakat desa dlingo", tambah Supriyanto.
Menurut Lurah desa Dlingo Bahrun wardoyo kegiatan yang dilakukan karang taruna luar biasa, disaat generasi muda sudah tidak berminat di bidang pertanian namun Karang taruna mulai menggagas kegiatan pertanian. Beliau berharap dengan hadirnya KKN UMY 2016 mampu memberikan dorongan dan masukan dengan kegiatan karang taruna Desa Dlingo.

Sumber : Portal Desa Dlingo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar terbaik anda untuk kemajuan pemuda Indonesia