KT Jayakusuma Singosaren: Desa Kami Bebas Asap Rokok

Posted by ima at 07-07-2014

Remaja yang tergabung dalam Karang Taruna di Desa Singosaren mencanangkan aksi Smoke Free Home atau rumah bebas asap rokok di Desa mereka yang didukung oleh warga dan aparat Desa.
Itulah ringkasan cerita video diary berjudul "Luput Mat" yang dibuat oleh teman-teman di KT Jayakusuma untuk bioskop remaja tahun ini.
Karang Taruna Jaya Kusuma Desa Singosaren merupakan organisasi kepemudaan yang bergerak di bidang sosial, khususnya pada pencegahan dan penanganan masalah kesejahteraan sosial yang terjadi pada generasi muda.
Berbasis pada analisis masalah yang terjadi di Desa Singosaren, Karang Taruna Jaya Kusuma memfokuskan kegiatannya pada bidang edukasi, ekonomi produktif, kesenian, dan lingkungan.
Adapun beberapa program yang telah dikembangkan antara lain Sanggar Sinau Bareng (ruang belajar masyarakat berbasis TIK), Jaya Kusuma Artshop (pengembangan produk kerajinan khas Desa Singosaren), Warung Sego Bakar MMKM (usaha bersama pemuda), Thek-Thek Jaya Kusuma (Kelompok kesenian musik bambu), dan juga menggalakkan gerakan Smoke Free Home dan Pengelolaan Sampah (Lingkungan).
Pada tahun ketiganya berkarya (2009-2012), Karang Taruna Jaya Kusuma mendapat penghargaan dari Kementerian Sosial RI sebagai Karang Taruna Prestasi tingkat Nasional tahun 2012.
Disamping itu, kesuksesan program Smoke Free Home menjadikan Karang Taruna Jaya Kusuma mendapat penghargaan dari MTCC (Muhammadiyah Tobacco Control Center) sebagai Karang Taruna pelopor Desa Bebas Narkoba. Prestasi tersebut menjadi semangat untuk terus membangun generasi muda Desa Singosaren yang lebih baik.      
Video mereka bisa kamu tonton di layar Bioskop Remaja tahun ini yang temanya #AKSIASIK di kotamu atau kamu juga bisa memutarnya di komunitas/kampungmu bersama teman-teman yang lain.

Yuk, kenalan dengan KT Jayakusuma;

Nama Ketua: Lisa Lindawati
Alamat: Sekretariat Karang Taruna Jaya Kusuma, Komplek Balai Desa Singosaren, Sarirejo 2 Singosaren Banguntapan Bantul Yogyakarta 55193
HP: 085729710140
Twitter: @SingosarenBtp
FB: Karang Taruna Jaya Kusuma
Website: kt-jayakusuma.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar terbaik anda untuk kemajuan pemuda Indonesia